Selasa, 17 November 2009

RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) BIDANG STUDI IPA

RPP
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
BIDANG STUDI IPA
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Standar Kompetensi : Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
Gaya, Energi dan Usaha

Disusun Oleh :

Dewi Irianti 07312244066
Rr. Dristia N 07312244069
Septy P 07312244076
Nur Fitria W 07312244097
Danang S. H. 07312244099
Galuh Rahayuni 07312244101
Sunu Kurniawan 07312244112

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2008
SILABUS


Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Ilmu pengetahuan alam (Fisika)
Kelas : VIII
Semester : 2


STANDAR KOMPETENSI : Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN WAKTU SUMBE
BELAJAR
5.1 Mengiden-tifikasi jenis-jenis gaya, penjum-lahan gaya dan penga-ruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
5.2 Menerap-kan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menjelas-kan hubu-ngan ben-tuk energi dan peru-bahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari
5.4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penera-pannya da-lam kehi-dupan se-hari-hari
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penera-pannya da-lam kehidupan sehari-hari

• Gaya, energi dan usaha
- Gaya
- Hukum Newton
- Energi dan usaha
- Pesawat sederhana
- Tekanan



- Menggambarkan gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda secara proporsional
- Menyelidiki besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya
- Menunjukkan beberapa contoh gaya gesekan yang menguntungkan dan yang merugikan
- Mengukur berat dan massa suatu benda
- Mengenali gejala hukum Newton I, II, dan III dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan
- Mendeskripsikan bentuk energi dan perubahan serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
- Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
- Menunjukkan hubungan daya, kecepatan dan usaha
- Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan kegunaan beberapa pesawat sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menemukan hubungan antara gaya tekanan dan luas daerah yang dikenai gaya
- Mengaplikasikan konsep bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari
- Mendeskripsikan hukum Pascal dan Archimedes melalui percobaan sederhana
- Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari
- Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair dan gas pada peristiwa alam yang relevan


Jenis:
 Kuis
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian
32 x 40’



















Sumber:
• Buku Paket
• Buku referensi lain














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA FISIKA
Kelas/ Semester : VIII/ 2
Pertemuan Ke- : 1 (satu) sampai dengan 16 (enambelas)
Alokasi Waktu : 32 jam pelajaran (16 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
- Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
- Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
- Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
- Menggambarkan gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda secara proporsional
- Menyelidiki besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya
- Menunjukkan beberapa contoh gaya gesekan yang menguntungkan dan yang merugikan
- Mengukur berat dan massa suatu benda
- Mengenali gejala hukum Newton I, II, dan III dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan
- Mendeskripsikan bentuk energi dan perubahan serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
- Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
- Menunjukkan hubungan daya, kecepatan dan usaha
- Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan kegunaan beberapa pesawat sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menemukan hubungan antara gaya tekanan dan luas daerah yang dikenai gaya
- Mengaplikasikan konsep bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari
- Mendeskripsikan hukum Pascal dan Archimedes melalui percobaan sederhana
- Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari
- Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair dan gas pada peristiwa alam yang relevan

I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
- Siswa dapat menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

II. Materi Ajar :
Gaya, energi dan usaha
1. Gaya
2. Hukum Newton
3. Energi dan usaha
4. Pesawat sederhana
5. Tekanan

III. Metode Pembelajaran : Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
IV. Langkah – langkah Pembelajaran :
Pertemuan Ke-1 s.d. 3
Kegiatan Awal
Apersepsi:
1. Siswa diberi pemahaman terhadap penyebab benda gerak
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami pengertian gaya dan pengaruhnya
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian gaya, pengaruh gaya dan macam-macam gaya serta gaya berat
2. Dengan metode inkuiri, melalui percobaan pemahaman pengaruh dari gaya
3. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak menjelaskan tentang pengaruh gaya
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang pengertian gaya dan macam-macamnya pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Kegiatan Akhir
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke- 4 s.d. 6
Kegiatan Awal
Apersepsi:
1. Siswa diajak mengingat pemahaman gaya dalam kehidupan sehari-hari
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami hukum Newton
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian hukum Newton
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh mengetahui peristiwa yang melibatkan hukum Newton
3. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak memahami dan membuktikan hukum Newton
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang hukum Newton pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Kegiatan Akhir
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke- 7 s.d. 9
Kegiatan Awal
Apersepsi:
1. Siswa diajak memahami usaha yang dilakukan untuk melakukan sesuatu
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami energi dan usaha
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian energi, macam energi, hukum kekekalan energi mekanik , usaha dan daya
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal menghitung energi, usaha dan daya
3. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak memahami dan menjelaskan arti usaha dan daya
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang energi dan usaha pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Kegiatan Akhir
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke- 10 s.d. 12
Kegiatan Awal
Apersepsi:
1. Siswa diajak mengingat pemahaman terhadap pesawat
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami pesawat sederhana
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian pesawat sederhana dan macamnya
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal menghitung keuntungan mekanik pesawat sederhana
3. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak memahami dan mengetahui keuntungan mekanik pesawat sederhana
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang pesawat pesawat pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Kegiatan akhir
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

Pertemuan ke- 13 s.d. 16
Kegiatan Awal
Apersepsi:
1. Siswa diajak melakukan pemahaman terhadap tekanan
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami tekanan
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian tekanan, tekanan udara luar dan hukum Boyle
2. Dengan metode inkuiri, melalui contoh soal menghitung besar tekanan dan volume
3. Dengan berdiskusi dan eksperimen siswa diajak memahami dan mengetahui besar tekanan dan pengaruh luas permukaan sentuh
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang tekanan pada buku lks dan buku penunjang lainnya
Kegiatan Akhir
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

V. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar :
1. Alat : meteran, bola tenis, kertas karton, air, gelas, koin, kelereng, sepeda motor, stopwacth, timbangan badan, spedometer, batu kali, linggis, potongan kayu, paku, batu, papan kayu, balok kayu
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- Buku lain yang relevan (LKS)

VI. Penilaian :
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Mengapa besar gravitasi bumi lebih besar daripada gravitasi bulan? Jelaskan!
2. Sebuah benda bergerak dengan kecepatan tetap. Jika kemudian pada benda dikerjakan gaya berlawanan arah dengan gerakan, maka kecepatan benda ....
a berkurang b. Tetap c. Bertambah d. Berubah
3. Bagaimanakah bunyi hukum kekekalan energi itu? Berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari!
4. Pesawat sederhana mempermudah pekerjaan tanpa ....
a. mengubah usaha b. Menambah usaha c. Mengurangi usaha d. Berhubungan dengan usaha
5. Bagaimanakah cara memperkecil tekanan zat cair pada bejana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar