Selasa, 17 November 2009

STANDAR ISI MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SBI

Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

1.1. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
1.3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
1.4. Membuat grafik berdasarkan data hasil pengukuran, menganalisis dan mengkomunikasikannya
2. Memahami unsur, senyawa, dan campuran 2.1 Menjelaskan pengertian unsur dan senyawa.
2.2 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
2.3 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia.

3. Memahami gejala-gejala alam melalui prosedur ilmiah 3.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
3.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
3.3 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

4. Memahami keanekara-gaman makhluk hidup 4.1 Mengidentifikasi ciri¬-ciri makhluk hidup
4.2 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
4.3 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki



Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
5. Memahami sifat fisika dan kimia materi. 5.1 Mengidentifikasi perubahan fisika dan kimia.
5.2 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana.
6. Memahami sifat larutan asam, basa dan garam 6.1 Mengidentifikasi sifat asam, basa, dan garam menggunakan indikator dan/atau alat
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem 7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

8. Memahami wujud zat dan perubahannya
8.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
8.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya
8.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
8.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari




Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia 1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan nutrisi serta kesehatan
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia serta hubungannya dengan imunitas dan kesehatan

2. Memahami pengertian partikel materi 2.1 Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul.
2.2 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
2.3 Mengidentifikasi manfaat ion dan molekul dalam produk kimia sehari-hari.

3. Memahami konsep gerak, peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari 3.1 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
3.5 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
3.6 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari




Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan 4.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
4.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
4.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
4.4 Mengenal hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

5. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari 5.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
5.2 Mendeskripsikan proses terjadinya gempa dan tsunami
5.3 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
5.4 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
5.5 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

6. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari 6.1. Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
6.2. Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
6.3. Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
6.4. Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
6.5. Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika



Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia 1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup 2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

3. Memahami sistem periodik 3.1. Menuliskan konfigurasi elektron atom sederhana
3.2. Menjelaskan penyusunan tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron

4. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 4.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari



Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
5. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 5.1. Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
5.2. Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
5.3. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagneti

6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya 6.1. Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
6.2. Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
6.3. Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
6.4. Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
6.5. Menjelaskan hubungan antarar proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

7. Memahami ikatan kimia 7.1. Mendeskripsikan ikatan ion dan kovalen
7.2. Mengidentifikasi ikatan ion dan kovalen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar