Selasa, 17 November 2009

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

A. Latar Belakang Pengembangan Kurikulum IPA SBI

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah melalui Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Pertama mulai tahun 2007 mengembangkan sekolah yang sudah memenuhi Standar Nasional (SSN) menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Pengembangan SBI dilakukan secara menyeluruh, meliputi kurikulum, buku ajar, kamus, pedoman pembelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, dan pedoman penilaian.
Pembelajaran IPA merupakan kunci utama hasil belajar IPA. Pembelajaran IPA mengembangkan proses inkuiri, di mana siswa aktif melakukan observasi, investigasi, dan eksperimentasi. Diharapkan siswa mengembangkan keterampilan proses sains, penguasaan berbagai konsep-prinsip-hukum IPA, dan sikap ilmiah sehingga timbul apresiasinya terhadap kelestarian alam sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Pembelajaran memanfaatkan fenomena alam di lingkungan sekitar siswa dilanjutkan dengan pemanfaatan ICT untuk menambah informasi dan memvisualisasikan proses-proses alam yang kompleks agar mudah dipahami siswa.
Penilaian hasil pembelajaran IPA dilakukan secara menyeluruh, meliputi proses, produk, dan sikap ilmiah. Penilaian dilakukan secara terencana, tertahap, dan kontinyu melalui berbagai jenis, teknik, dan bentuk instrumen untuk mengetahui perkembangan belajar siswa.
Pengembangan kurikulum mata pelajaran IPA dilakukan secara terpadu, melibatkan ilmu fisika, biologi, dan kimia yang terwujud dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang merata di setiap semester. Dengan keterpaduan tersebut diharapkan siswa dapat belajar menghadapi setiap gejala alam baik gejala fisis, kimis, dan biologis melalui berbagai disiplin ilmu IPA.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) SBI disusun berdasarkan Standar Isi Nasional Pendidikan IPA dan hasil kajian dari berbagai standar isi internasional, di samping pengalaman para praktisi. SK dan KD tersebut merupakan standar minimum yang dapat ditambah oleh sekolah dalam menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). SK dan KD untuk mata pelajaran fisika, biologi, dan kimia didistribusikan secara merata dalam setiap semester agar pembelajaran IPA dapat dilakukan secara terpadu.


B. Standar Kelulusan Mata Pelajaran

1. Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan. dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh.
2. Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem.
3. Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup.
4. Memahami konsep partikel materi; berbagai bentuk, sifat, dan wujud zat; larutan; perubahan materi; serta kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
5. Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari serta memiliki kreativitas dalam mengembangkan teknologi sederhana.
6. Memahami sistem tata surya, proses dan pengaruh yang terjadi di dalamnya.

C. Tujuan Pendidikan IPA
Mata pelajaran IPA di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2. Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4. Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah.
5. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7. Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

D. Ruang Lingkup IPA
Bahan kajian IPA untuk SMP/MTs merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2. Materi dan Sifatnya
3. Energi dan Perubahannya
4. Bumi dan Alam Semesta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar